Jumat, 23 Maret 2012

FUNGSI MANAJER KEUANGAN DALAM PERUSAHAAN

Dalam suatu perusahaan pasti terdapat adanya seorang manajer keuangan yang mempunyai tanggung jawag dan peranan ataupun fungsinya. Peranan dan arti penting manajemer keuangan tersebut antara lain :
  • Fungsional perusahaan
  • Posisi manajer keuangan dalam struktur organisasi
  • Pengembangan karir manajer keuangan
  • Kesempatan berkarir
Adapun tujuan dari manajemen ( seorang manajer keuangan) yaitu:  
  • Memaksimalkan kesejahteraan pemilik perusahaan atau memaksimalkan nilai perusahaan
  • Menjaga kelangsungan hidup perusahaan (going concern)
  • Mencapai kesejahteraan masyarakat sebagai tanggung jawab sosial perusahaan

Fungsi Manajer Keuangan :
  1. Menetapkan pengalokasian dana (investment decision)
  2. Memutuskan alternatif pembiayaan (financial decision)
  3. Kebijakandalampembagiandividen(dividend decision)
1)  Investment Decision
     Adalah keputusan yang diambil oleh manajer keuangan dalam pengalokasian dana dalam bentuk investasi yang dapat menghasilkan laba di masa yang akan datang
Keputusan ini akan tergambar dari aktiva perusahaan, dan mempengaruhi struktur kekayaan perusahaan yaitu perbandingan antara current assets dengan fixed assets.

2)  Financial Decision
     Adalah keputusan manajer keuangan dalam melakukan pertimbangan dan analisis perpaduan antara sumber-sumber dana yang paling ekonomis  bagi perusahaan untuk mendanai kebutuhan-kebutuhan investas i serta kegiatan operasional perusahaan. Keputusan pendanaan akan tercermin dalam sisi pasiva perusahaan yang akan mempengaruhi financial structure maupun capital structure.


3)  Dividend Decision
     Dividen merupakan bagian dari keuntungan suatu perusahaan yang dibayarkan kepada para pemegang saham.
Keputusan dividen adalah keputusan manajer keuangan dalam menentukan besarnya proporsi laba yang akan dibagikan kepada para pemegang saham dan proporsi dana yang akan disimpan di perusahaan sebagai laba ditahan untu kpertumbuhan perusahaan.
Kebijakan ini juga akan mempengaruhi financial structure maupun capital structure.

Manajer keuangan di sini dimaksudksn sebagai manajer perusahaan yang bertanggung jawab atas pengambilan keputusan pentingmengenai investasi dan pendanaan. Untuk mendanai investasi dan operasi perusahaan, manajer keuangan bertanggung jawab dalam memperoleh dana yang sesuai dengan kebutuhannya, baik mengenai jangka waktu, persyaratan maupun biayanya.

Dengan demikian manajer keuangan sangat berperan dalam melancarkan aliran kaas atau dana dari luar ke dalam perusahaan, ataupun sebaliknya dari dalam ke luar perusahaan, yaitu pembayaran dividen kepada pemilik perusahaan dan pembayaran kembali utang kepada para kreditur. Manajer keuangan dapat mempunyai peranan yang demikian besarnya dalam memperlancar aliran kas atau dana tersebut disebabkan karena dia bertindak sebagai "perantara" (intermediary)yang berada pada posisi di antara sumber atau pemberi dana (pasar modal, bank pemberi kredit, dan lain sebagainya) di satu pihak dan operasi perusahaan di lain pihak. SITI HUMAEROH/10530102/AKUNTANSI  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar